21 Jan 2011

Sistem Control PLC untuk otomatisasi pabrik oleh DSL




Sistem otomatisasi yang dibuat oleh DSL termasuk canggih. Semua sistem kerja yang dilakukan Mesin bisa dikontrol dan dikendalikan terpusat di computer yang ditampilkan di layar monitor, mulai dari jalannya motor, sensor sensor dan sistem pneumatiknya. Memang untuk instalasinya sangat rumit dan membutuhkan biaya awal lebih mahal tetapi ini sangat membantu mengurangi tenaga kerja yang diganti oleh semua sensor. Semuanya dikontrol dan dikendalikan dari PLC (Programmable Logic Controller) yang terhubung dengan PC melalui kabel data RS232.
Spesifikasi PLC yang saya pasang di Palembang ini adalah 2 unit board, 2 power supply, 1 card CPU, 1 card input sinyal arus/tegangan, 1 card output sinyal arus/tegangan, 9 card Input, 6 card output, mengingat karena switch PLC hanya mampu dilewati arus yang kecil maka perlu diperkuat dengan relay relay berjumlah total 400 unit relay.
Untuk control programnya menggunakan Autopilot4, database Visual Basic, SQL server, Team Viewer Host. Program tampilannya dibuat Mimic Diagram supaya mudah dalam membaca alur jalannya pakan, dilengkapi pula dengan Alarm apabila terjadi overflow atau overload atau ada mesin tidak jalan maka alarm mengeluarkan tanda. Yang cukup mengherankan bagi saya adalah software Team Viewer. Jadi pengoperasian bisa diambil alih dari luar. Kebetulan yang buat program ini dari England. Melalui jaringan Internet seperti keyboard, mouse dan Monitor dikendalikan dari England. Wooow!!!! Jadi apabila update program tidak perlu orangnya datang ke lokasi tetapi cukup di depan computer yang sudah tersedia jaringan internetnya. Sementara yang dilokasi sebagai asisten sebagai manualnya misalnya menyalakan/ mematikan, melihat display, mengecek mesin, dll.
Ternyata perkembangan teknologi sekarang sangatlah pesat, sangat canggih bila dibandingkan dengan saya. Dengan begini saya harus mengejar ketertinggalan pesatnya teknologi.
Albert Einstein saja awalnya dianggap bodoh hingga akhirnya bisa menemukan suatu rumus Fisika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar